Efektivitas Pesan Instagram Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (@bpkp_id) Terhadap Pembentukan Citra Organisasi
Pesan yang disampaikan oleh pemerintah terkadang kurang jelas dan ambigu. Hal ini dapat menyebabkan interpretasi yang berbeda-beda dari khalayak dan menyebabkan kebingungan atau ketidakpercayaan terhadap informasi yang disampaikan. Selain itu banyaknya hoaks juga menambah permasalahan yang harus dihadapi. Maka, sudah menjadi tugas humas pemerintah untuk dapat menyediakan informasi yang dapat diakses dengan mudah, cepat, dan terjangkau hingga tersajilah komunikasi yang efektif. Menurut Kelman (dalam Hamidi, 2010: 74), efektivitas dipandang dari komponen-komponen komunikan. Komunikasi yang efektif akan terjadi jika komunikan mengalami: 1) internalisasi; 2) identifikasi diri, dan 3) ketundukan. Dengan komunikasi yang efektif diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik sehingga dapat membentuk citra positif pemerintah. Empat komponen pada model pembentukan citra yakni: 1) persepsi; 2) kognisi; 3) motivasi; dan 4) sikap, (Soemirat & Ardianto, 2002). Penelitian ini mengambil objek pada salah satu institusi pemerintah yaitu BPKP. Penelitian ini membahas “Efektivitas Pesan Instagram Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (@bpkp_id) terhadap Pembentukan Citra Organisasi”. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner pada pengikut akun Instagram BPKP. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pesan Instagram BPKP (@bpkp_id) terhadap Pembentukan Citra Organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut aktif akun Instagram @bpkp_id. Hasil dari penelitian ini efektivitas pesan Instagram @bpkp_id memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan citra organisasi. Dengan demikian, efektivitas pesan Instagram @bpkp_id memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk citra organisasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan BPKP untuk memperhatikan setiap indikator terutama pada indikator persepsi dan sikap agar pengelolaan pesan lebih baik ke depannya.
Kata Kunci: Pengaruh Efektifitas Pesan, Instagram, Citra, BPKP
Jumlah Literatur: 28 buku (1999-2022), 4 jurnal, 2 situs website
Kata Kunci: Pengaruh Efektifitas Pesan, Instagram, Citra, BPKP
Jumlah Literatur: 28 buku (1999-2022), 4 jurnal, 2 situs website
Wiwin Savitri - Personal Name
121106099 - Wiwin Savitri
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...