Gambaran Komunikasi Antara Barista Dengan Customer Untuk Meningkatkan Kepuasan di UD. Djaya Coffee Puter
Pada umumnya tugas seorang barista hanya meracik kopi untuk para customer. Hal tersebut dinilai kurang menggerakkan adanya interaksi antara barista dengan customer atau pelanggannya. Salah satu strategi untuk membangun atau meningkatkan kepuasan customer yang dilakukan oleh UD. Djaya Coffee Puter adalah dengan cara menugaskan barista untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan para customer agar lebih akrab dan sebagai bentuk untuk meningkatkan kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan lima hukum efektivitas komunikasi, yang terdiri atas respect, empathy, audible, clarity, dan humble. Metode penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif, dengan data utama diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barista UD. Djaya Coffee Puter sudah menerapkan lima hukum efektivitas komunikasi untuk meningkatkan kepuasan customer. Barista UD. Djaya Coffee Puter mengimplementasikan kelima hukum efektivitas komunikasi, yakni respect dengan mengutamakan greeting kepada customer yang datang, empathy dengan suka rela memberikan tempat bercerita untuk customer, audible dengan menghindari berbicara yang terlalu cepat maupun terlalu pelan agar pesan dapat terdengar baik, clarity dengan terbuka untuk mengajak customer membuat kopi bersama, serta humble dengan
tidak memandang rendah pada setiap customer yang datang.
Kata Kunci: Komunikasi, Barista, Kepuasan Customer
Daftar Pustaka: 50 buku, 10 jurnal, 7 skripsi, 3 website
tidak memandang rendah pada setiap customer yang datang.
Kata Kunci: Komunikasi, Barista, Kepuasan Customer
Daftar Pustaka: 50 buku, 10 jurnal, 7 skripsi, 3 website
Wa Ode Syarifa Hidayana Faisal - Personal Name
119106153 - Wa Ode Syarifa Hidayana Faisal
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...