Analisis Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Nature Republic
Dengan berkembangnya lifestyle Korea yang kini berada di peringkat pertama pilihan warga Asia dan dapat mempengaruhi trend pilihan seorang konsumen, termasuk penggunaan skincare dan makeup. Penelitian ini akan pada salah satu produk kecantikan dari brand Nature Republic asal Korea. Bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran Nature Republic dengan penggunaan NCT 127 sebagai Brand Ambassador yang dipilih dari tahun 2020 lalu. Penggunaan metodologi dan sifat kualitatif, serta metode kualitatif deskriptif yang dibantu dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap Brand Strategist, Digital Advertising Specialist, dan KOL Specialist Nature Republic, serta analisa dokumen, memberikan hasil dengan delapan tahapan penelitian strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Nature Republic. Tahapan yang pertama adalah identifikasi audience, Nature Republic memiliki segmentasi target audience yaitu laki-laki dan perempuan dengan range usia mulai dari 18 – 35 tahun. Memiliki behavior yakni beauty & personal care, kpop, Korean, NCT, fashion, skincare, shopping, lifestyle, kpop fans, beauty brands. Hal ini memiliki tujuan untuk menghasilkan brand awareness dan brand action, kemudian ada tahapan kembali diantaranya pemilihan saluran komunikasi melalui Internet. Mendesain komunikasi, menentukan anggaran, menentukan bauran promosi (Advertising, Sales Promotion, Public Relation, Personal Selling, Experience and Event), mengumpulkan umpan balik, hingga mengelola komunikasi pemasaran terpadu. Berdasarkan dari hasil report dan kesimpulan dalam penelitian ini, Nature Republic hampir berhasil meraih KPI (Key Indikator Performance) yang diharapkan. Hal ini terbukti, bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Nature Republic mampu membuktikan bahwa pemasaran secara digital dan pengadaan event secara offline sangatlah efektif. Penelitian ini memiliki saran bagi Universitas Paramadina, dapat menambahkan penjelasan terhadap topik terkait digital marketing secara mendalam yang dianggap sebagai media paling efektif. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan dapat membahas secara lebih luas terkait brand awareness dan brand action terhadap kegiatan pemasaran khususnya pada bagian promosi dengan teori komunikasi pemasaran secara digital.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Strategi Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Strategi Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing.
Sabila Palupi - Personal Name
121106175 - Sabila Palupi
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...