Pola Komunikasi Tenant Relations Dalam Menangani Keluhan para Penghuni di Apartemen The Oak Tower Jakarta Timur
Permasalahan keterbatasan lahan dan ruang di Jakarta menjadikan para pengembang berlomba-lomba untuk membangun hunian vertikal seperti apartemen atau rumah susun. Akan tetapi, masyarakat Indonesia masih belum terbiasa tinggal di apartemen, sehingga agar menarik masyarakat untuk tinggal di apartemen, pengembang berusaha memberikan penawaran menarik terkait harga, fasilitas, dan pelayanan. Salah satu apartemen di Jakarta yang memiliki traffic (penuhnya unit yang disediakan) yang baik adalah Apartemen The Oak Tower Jakarta Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pola komunikasi Tenant Relations dalam menangani keluhan penghuni di apartemen The Oak Tower. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tenant Relations apartemen The Oak Tower menggunakan empat pola komunikasi dalam menangani keluhan para penghuni. Pola komunikasi yang digunakan yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear, dan pola komunikasi sirkular. Tenant Relations apartemen The Oak Tower bertindak sebagai Public Relations dalam Building Management apartemen The Oak Tower, sehingga dalam setiap aktivitas komunikasinya menggunakan empat konsep tahapan public relations yang meliputi proses fact finding dengan mengidentifikasi setiap permasalahan atau keluhan yang ada, selanjutnya proses perencanaan dilakukan setelah mengetahui permasalahan yang ada, kemudian proses pelaksanaan kegiatan komunikasi atau tindakan yang dilakukan ketika identifikasi masalah dan perencanaan dibuat, dan pelaksanaan evaluasi yang dilakukan setiap aktivitas Public Relations untuk pengukuran atas umpan balik pelayanan yang diberikan.
Adapun masalah-masalah yang dihadapi oleh Tenant Relations berupa masalah permasalahan akses card, kebocoran, dan rayap. Selain itu permasalahan seperti lahan parkir, perselisihan antar penghuni, dan permasalahan antara penghuni dan warga sekitar menjadi suatu hal yang selalu dihadapi oleh Tenant Relations. Akan tetapi, ada masalah yang sampai saat ini masih belum terselesaikan yaitu permasalahan lahan parkir, sehingga dibutuhkan proses lebih lanjut dan keterlibatan banyak pihak dalam menyelesaikan permasalahan ini.
Kata Kunci: Tenant Relations, Pola Komunikasi, Public Relations, Apartemen The Oak Tower.
Jumlah Literatur: 25 Buku (1992 - 2016), 11 Jurnal, 2 website, 5 Informan.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pola komunikasi Tenant Relations dalam menangani keluhan penghuni di apartemen The Oak Tower. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tenant Relations apartemen The Oak Tower menggunakan empat pola komunikasi dalam menangani keluhan para penghuni. Pola komunikasi yang digunakan yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear, dan pola komunikasi sirkular. Tenant Relations apartemen The Oak Tower bertindak sebagai Public Relations dalam Building Management apartemen The Oak Tower, sehingga dalam setiap aktivitas komunikasinya menggunakan empat konsep tahapan public relations yang meliputi proses fact finding dengan mengidentifikasi setiap permasalahan atau keluhan yang ada, selanjutnya proses perencanaan dilakukan setelah mengetahui permasalahan yang ada, kemudian proses pelaksanaan kegiatan komunikasi atau tindakan yang dilakukan ketika identifikasi masalah dan perencanaan dibuat, dan pelaksanaan evaluasi yang dilakukan setiap aktivitas Public Relations untuk pengukuran atas umpan balik pelayanan yang diberikan.
Adapun masalah-masalah yang dihadapi oleh Tenant Relations berupa masalah permasalahan akses card, kebocoran, dan rayap. Selain itu permasalahan seperti lahan parkir, perselisihan antar penghuni, dan permasalahan antara penghuni dan warga sekitar menjadi suatu hal yang selalu dihadapi oleh Tenant Relations. Akan tetapi, ada masalah yang sampai saat ini masih belum terselesaikan yaitu permasalahan lahan parkir, sehingga dibutuhkan proses lebih lanjut dan keterlibatan banyak pihak dalam menyelesaikan permasalahan ini.
Kata Kunci: Tenant Relations, Pola Komunikasi, Public Relations, Apartemen The Oak Tower.
Jumlah Literatur: 25 Buku (1992 - 2016), 11 Jurnal, 2 website, 5 Informan.
Risyah Karnina Ahmad - Personal Name
119106160 - Risyah Karnina Ahmad
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...