Efektivitas Konten Akun Instagram Public Culture Dalam Mempromosikan Produk
Latar Belakang: Pemahaman akan komunikasi pemasaran akan memiliki implikasi signifikan dalam menyusun strategi pemasaran suatu produk, untuk kemudian meningkatkan keinginan pembelian oleh segmentasi konsumen yang potensial. Saat ini, mulai banyak media alternatif yang juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran terhadap produk yang mereka miliki, termasuk media sosial. Untuk memasarkan produk dengan optimal melalui media sosial, perusahaan harus dapat merumuskan konten secara efektif untuk menggugah daya beli konsumen potensial. Salah satu perusahaan yang kerap melakukan pemasaran produk adalah @public.culture, yang menjual produk busana melalui media sosial Instagram. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas isi konten Instagram @public.culture dalam membentuk interaksi dengan mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina. Metode Penelitian: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AISAS yang terdiri dari dimensi Attention, Interest, Search, Action, dan Share. Sebanyak 84 responden mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina mengisi kuesioner yang berisi 16 pertanyaan yang dikembangkan dari dimensi AISAS. Hasil Penelitian: Dimensi Attention memperoleh persentase tertinggi sebesar 94,0%, diikuti oleh dimensi Interest, Action, dan Share dengan persentase 89,3%. Dimensi Search memiliki persentase terendah sebesar 83,3%. Dalam hal nilai mean keseluruhan, dimensi Share memperoleh nilai tertinggi sebesar 3,58, diikuti oleh dimensi Attention (3,56), Interest (3,44), Action (3,42), dan Search (3,37). Semua dimensi tersebut tergolong dalam kategori sangat efektif (3,4 - 4). Kesimpulan: menurut responden yang merupakan mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, konten yang disajikan oleh akun tersebut efektif dalam mencapaitujuan interaksi dengan mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina.Dimensi Attention merupakan dimensi dengan persentase tertinggi dan dapat dikategorikan sangat efektif. Meskipun dimensi Search memiliki persentase terendah, namun masih tergolong dalam kategori efektif. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa efektivitas isi konten Instagram @public.culture berada dalamkategori sangat efektif dengan nilai mean sebesar 3,47.
Kata Kunci: Public Culture, efektivitas konten, teori AISAS, Instagram
Jumlah Literatur: 16 buku, 32 jurnal ilmiah, 5 tautan Internet
Kata Kunci: Public Culture, efektivitas konten, teori AISAS, Instagram
Jumlah Literatur: 16 buku, 32 jurnal ilmiah, 5 tautan Internet
Muhammad Haqqi Shatri - Personal Name
119106134 - Muhammad Haqqi Shatri
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...