Analisis Fenomena Nano Influencer Sebagai Endorsement Pada Media Sosial Instagram
Penelitian ini mengulas fenomena penggunaan nano influencer dalam strategi komunikasi pemasaran digital, khususnya melalui platform media sosial Instagram. Peneliti mengambil pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, fokus pada komunitas Gampang Tjuan yang dibentuk oleh creative agency Garistemu.co, anggota kelompok ini yang merupakan nano influencer, yaitu pengguna sosial media dengan jumlah followers di bawah 10.000, yang berpartisipasi dalam aktivitas komunikasi pemasaran di Instagram. Melalui wawancara semi terstruktur, data diperoleh untuk menganalisis enam tahapan utama menggunakan elemen dari teori SOSTAC dalam meramu nano influencer sebagai endorsement dalam kerjasama dengan merek dalam strategi promosi di media sosial. Tahapan pertama melibatkan analisis situasi, di mana
nano influencer dari kelompok Gampang Tjuan diidentifikasi sebagai bagian dari kelompok tier influencer dengan interaksi tinggi, memiliki potensi sebagai distribution channel yang tepat untuk merek dalam menjangkau segmen pasar yang lebih spesifik. Tahap kedua mencakup penetapan tujuan kerjasama, seperti peningkatan brand awareness, engagement, dan penjualan. Strategi yang diterapkan dalam tahapan ketiga mencakup penyesuaian keinginan merek dengan objektif yang diharapkan, pembuatan brief konten yang efektif, dan komunikasi yang terkoordinasi dengan komunitas nano influencer Gampang Tjuan. Tahapan keempat berfokus pada penyusunan taktik, seperti konten posting, caption, dan hashtag yang relevan. Tahap kelima melibatkan pelaksanaan dari strategi dan taktik yang telah dirancang, sementara tahap terakhir menekankan pengawasan terhadap hasil kerjasama melalui laporan data insight dari konten yang diunggah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi strategi pemasaran menggunakan nano influencer, dengan menggambarkan langkah-langkah praktis dalam merancang dan melaksanakan kampanye yang efektif. Dengan demikian, kontribusi nano influencer dalam komunikasi pemasaran digital semakin diperhatikan sebagai alternatif yang menarik, terutama untuk merek yang ingin menjalin hubungan dekat dengan audience spesifik dan membangun kepercayaan melalui rekomendasi yang lebih organik.
Kata Kunci: SOSTAC, Nano Influencer, Endorsement
nano influencer dari kelompok Gampang Tjuan diidentifikasi sebagai bagian dari kelompok tier influencer dengan interaksi tinggi, memiliki potensi sebagai distribution channel yang tepat untuk merek dalam menjangkau segmen pasar yang lebih spesifik. Tahap kedua mencakup penetapan tujuan kerjasama, seperti peningkatan brand awareness, engagement, dan penjualan. Strategi yang diterapkan dalam tahapan ketiga mencakup penyesuaian keinginan merek dengan objektif yang diharapkan, pembuatan brief konten yang efektif, dan komunikasi yang terkoordinasi dengan komunitas nano influencer Gampang Tjuan. Tahapan keempat berfokus pada penyusunan taktik, seperti konten posting, caption, dan hashtag yang relevan. Tahap kelima melibatkan pelaksanaan dari strategi dan taktik yang telah dirancang, sementara tahap terakhir menekankan pengawasan terhadap hasil kerjasama melalui laporan data insight dari konten yang diunggah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi strategi pemasaran menggunakan nano influencer, dengan menggambarkan langkah-langkah praktis dalam merancang dan melaksanakan kampanye yang efektif. Dengan demikian, kontribusi nano influencer dalam komunikasi pemasaran digital semakin diperhatikan sebagai alternatif yang menarik, terutama untuk merek yang ingin menjalin hubungan dekat dengan audience spesifik dan membangun kepercayaan melalui rekomendasi yang lebih organik.
Kata Kunci: SOSTAC, Nano Influencer, Endorsement
Muhammad Alghifahri Fahmi - Personal Name
119106178 - Muhammad Alghifahri Fahmi
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...