Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Remaja
Segala pola komuikasi yang dilakukan oleh orang tua merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi dan juga pola belajar anak remaja mereka. Dengan menerapkan pola komunikasi yang sesuai antara orang tua dan anak remaja, tujuan dari komunikasi yang dilakukan akan lebih mudah tercapai dan menguntungkan kedua pihak dan juga orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak remaja, yang terdiri dari authoritarian, permissive, demokratis, Metode Penelitian pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan data primer didapatkan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua melakukan pola komuniaksi yang sesuai menurutnya untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Pola komunikasi yag digunakan adalah authoritarian dimana pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua tidak tampak adanya pola komunikasi dengan menghukum secara fisik, permissive dengan orang tua tidak memberikan kontrol pada anak dalam mengawasi proses belajar dikarenakan anak telah memiliki tanggung jawab pada dirinya sendiri, serta demokratis mengenai pola komuikasi demokratis dengan prestasi remaja, orang tua lebih kepada melakukan diskusi dengan menanyakan ada apa kepada anaknya, dan membantu untuk menjcari jalan keluar.
Kata Kunci: Pola Komuikasi, Orang Tua, Prestasi Belajar, Anak Remaja
Daftar Pustaka: pustaka ilmiah
Kata Kunci: Pola Komuikasi, Orang Tua, Prestasi Belajar, Anak Remaja
Daftar Pustaka: pustaka ilmiah
Muhajir Al Maarief - Personal Name
119106114 - Muhajir Al Maarief
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...