Analisis Isi Konten Pemberdayaan Perempuan Sebagai Media Promosi Love, Bonito Indonesia di Instagram
Perkembangan teknologi, ekonomi, dan pasar kemudian mendorong terjadinya persaingan yang lebih ketat. Pasar yang ada juga membesar dari tingkat kecil di lingkungan penduduk menjadi ke tingkat global. Salah satu cabang ilmu komunikasi yang selaras dengan penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dimana perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara tradisional. Komunikasi pemasaran kini menjadi lebih rumit dan canggih dengan hadirnya media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis isi konten pemberdayaan perempuan sebagai media promosi pada salah satu fashion brand Love, Bonito Indonesia yang terdiri dari content creation, content sharing, connecting, dan community building. Metodologi Penelitian pada penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif, dengan metode penelitian analisis isi dan data primer diperoleh melalui observasi non-partisipan yaitu dengan cara menganalisis isi konten dari Instagram Love, Bonito Indonesia tanpa terlibat langsung dalam proses penyusunan kontennya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Love, Bonito Indonesia memenuhi empat kategori yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran media sosial menurut Gunelius (2011), yakni; content creation, content sharing, connecting, dan community building. Dari keempat kategori tersebut, diperoleh data tertinggi bahwa Love, Bonito Indonesia menghasilkan 39 unggahan content sharing dengan konsep pemberdayaan perempuan sebagai media promosi, kemudian urutan kedua adalah content creation sebanyak 38 unggahan baik berupa tulisan, gambar, maupun video. Lalu disusul oleh unggahan connecting yaitu sebanyak 13 unggahan. Dan yang terakhir Love, Bonito menghasilkan 10 unggahan community building.
Kata Kunci : Analisis Isi, Promosi, Pemberdayaan Perempuan, Instagram, Pemasaran Media Sosial
Daftar Pustaka : 22 Buku, 11 Jurnal Ilmiah, 4 Situs
Kata Kunci : Analisis Isi, Promosi, Pemberdayaan Perempuan, Instagram, Pemasaran Media Sosial
Daftar Pustaka : 22 Buku, 11 Jurnal Ilmiah, 4 Situs
Maharani Shauma Kharnisa - Personal Name
119106102 - Maharani Shauma Kharnisa
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...