Strategi Humas Smartfren Dalam Membangun Relasi Media
Smartfren memerlukan cara dan sarana yang tepat, yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang segala hal terkait Smartfren kepada seluruh pemangku kepentingannya, antara lain konsumen, investor, pemerintah/regulator dan masyarakat luas pada umumnya. Salah satu cara yang dilakukan oleh Smartfren yaitu memanfaatkan peran media untuk menciptakan publikasi. Media menjadi salah satu sarana yang digunakan oleh Smartfren untuk mengkomunikasikan eksistensinya di tengah persaingan industri telekomunikasi di Indonesia yang semakin sengit. Hubungan baik dan harmonis dengan media massa akan menciptakan sarana komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan publiknya dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan bagaimana strategi yang dilakukan oleh Humas PT Smartfren Telecom Tbk dalam membangun relasi media. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang didapatkan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Melalui analisis data didapatkan hasil penelitian bahwa Humas Smartfren dalam membangun relasi media melaksanakan 4 konsep tahapan strategi humas yang dikemukakan oleh Cutlip & Broom yang meliputi proses mengumpulkan fakta/data (fact finding) dengan menentukan sasaran-sasaran perusahaan dalam program kerja yang rinci, dengan target pencapaian yang terukur, target waktu yang jelas serta anggaran biaya yang dibutuhkan, proses perencanaan (planning) humas Smartfren melakukan perencanaan program kerja tahunan pada setiap awal tahun, dan menetapkan tema besar dalam berkomunikasi sepanjang tahun. Pelaksanaan kegiatan komunikasi (communicating) humas Smartfren melaksanakan aktivitas humas seperti press release, press conference, media gathering, media visit, technology update, media interview, media awards, dan pelaksanaan evaluasi (evaluation) melakukan evaluasi pada setiap aktivitas humas yang telah dilaksanakan dengan melakukan pengukuran atas umpan balik pemberitaan media terhadap Smartfren dan melakukan media audit dalam evaluasi relasi media.
Kata Kunci : Humas, Strategi Humas, Relasi Media
Jumlah Literatur : 35 Buku (1992-2018), 9 Website, 2 Jurnal, 1 Dokumen Perusahaan, 4 Orang Informan.
Kata Kunci : Humas, Strategi Humas, Relasi Media
Jumlah Literatur : 35 Buku (1992-2018), 9 Website, 2 Jurnal, 1 Dokumen Perusahaan, 4 Orang Informan.
Karina Yuniar - Personal Name
119106070 - Karina Yuniar
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...