Pengaruh Daya Tarik Pesan Livestreaming Pada Akun @tiktokshoplifestyle.id Terhadap Keputusan Pembelian Audiens (Followers)
TikTok Shop merupakan fitur e-commerce yang diluncurkan oleh media sosial TikTok. TikTok Shop dapat terintegrasi langsung dengan TikTok Live yang merupakan fitur hiburan berupa streaming langsung yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi antarmuka dengan pengguna lainnya. TikTok Shop memiliki akun resmi mereka sendiri, salah satunya adalah @tiktokshoplifestyle.id yang merupakan akun dengan kategori produk rumah tangga. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik pesan livestreaming pada akun @tiktokshoplifestyle.id terhadap keputusan pembelian audiens (followers) berdasarkan teori Daya Tarik Pesan dari Lee & Johnson (2007: 179). Metodologi: Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode pengumpulan data berupa survei menggunakan kuesioner sebagai alat penelitiannya. Sampel penelitian berjumlah 100 responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dari total populasi 1.400.000 orang yang pengikut (followers) dari akun @tiktokshoplifestyle.id. pengujian hipotesis dilakukan menggunakan software SPSS 27.0 dengan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian: Analisis korelasi Pearson Product Moment menghasilkan nilai 0,800 yang menunjukkan hubungan sangat kuat antara variabel X dan variabel Y. Hasil uji koefisien juga menunjukkan bahwa variabel X memiliki nilai koefisien (r) sebesar 63,9% yang menunjukkan pengaruh kuat antara variabel X terhadap variabel Y. Kesimpulan: Daya Tarik Pesan Livestreaming di akun @tiktokshoplifestyle.id memiliki pengaruh kuat sebesar 63,9% terhadap keputusan pembelian audiens (followers), selebihnya, keputusan pembelian pada akun tersebut dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Daya Tarik Pesan, Livestream Marketing, TikTok Shop, Keputusan Pembelian.
Daftar Pustaka: 35 buku (2004-2021), 15 jurnal (2016-2023), & 4 situs web.
Kata Kunci: Daya Tarik Pesan, Livestream Marketing, TikTok Shop, Keputusan Pembelian.
Daftar Pustaka: 35 buku (2004-2021), 15 jurnal (2016-2023), & 4 situs web.
Juliana Sitta Erawati - Personal Name
119106071 - Juliana Sitta Erawati
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...