Studi Deskriptif Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Blended Learning Di Universitas Djuanda
Self-regulated learning atau regulasi diri dalam belajar adalah sebuah proses mengarahkan diri sendiri berupa pikiran, perasaan maupun perilaku dirinya untuk mencapai tujuan dalam belajar sehingga mahasiswa dinilai perlu memiliki kemampuan ini. Selama dan pasca masa pandemi, pembelajaran di perguruan tinggi menggunakan blended learning untuk mengantisipasi berbagai situasi dan kondisi. Banyak kendala dan tantangan dihadapi pada saat blended learning, diantaranya adalah terkait kesadaran mahasiswa dalam belajar; literasi, kompetensi dan efektifitas penggunaan teknologi serta motivasi dan kedisiplinan mahasiswa. Kendala dan tantangan tersebut nampak pula pada mahasiswa di Universitas Djuanda yang mendidik para calon pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai self-regulated learning pada mahasiswa yang mengikuti blended learning di Universitas Djuanda.. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa studi deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 60 orang mahasiswa Universitas Djuanda yang berasal dari beberapa program studi kependidikan dan kuesioner disebar dalam bentuk google form. Alat ukur yang digunakan adalah Online Selfregulated Learning Questionnaire (OSLQ) yang dikembangkan oleh Lucy Barnard, William Y. Lan, Yen M. To, Valerie Osland Paton, dan Shu-Ling Lai. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 subskala yaitu penetapan tujuan, penataan lingkungan, strategi tugas, manajemen waktu, mencari bantuan dan evaluasi diri, maka keseluruhan self-regulated learning mahasiswa pada blended learning dalam kategori tinggi dengan subskala yang tertinggi adalah subskala penataan lingkungan dengan mean 4,267, dan subskala strategi tugas adalah subskala yang terendah dengan nilai mean 3,530.
Kata Kunci : Self-regulated learning, Blended learning, Mahasiswa
Kata Kunci : Self-regulated learning, Blended learning, Mahasiswa
Hanrezi Dhania Hasnin - Personal Name
118207033 - Hanrezi Dhania Hasnin
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...