Determinan Academic Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Bekerja Di Universitas X Yang Sedang Menyusun Skripsi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan academic self-efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa bekerja di universitas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah unproportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah academic self-efficacy scale dan educational stress scale for adolescent dalam masa penyusunan skripsi di universitas X. Adapun penyebaran alat ukur dilakukan secara online. Hipotesis yang diajukan adalah ada determinan negatif antara academic self-efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa bekerja yang sedang Menyusun skripsi di universitas X. Responden pada penelitian adalah mahasiswa bekerja yang sedang menyelesaikan skripsi berjumlah 105 dari tujuh program studi di universitas X yang memenuhi kriteria penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan ada determinan negatif yang signifikan antara academic self-efficacy terhadap stres akademik sebesar 62.6 %.
Kata Kunci: Mahasiswa Bekerja, Efikasi Diri Akademik, Stres Akademik
Kata Kunci: Mahasiswa Bekerja, Efikasi Diri Akademik, Stres Akademik
Gibran Ridho Aslam - Personal Name
119107045 - Gibran Ridho Aslam
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...