Strategi Pelaku Usaha dalam Menyikapi Kenaikan Harga Pangan Pasca Pandemi (Studi Kasus Pasar Warung Buncit)
Latar Belakang: Dampak adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan. Sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang terkena dampaknya. Seperti pelaku UMKM pada pasar Warung Buncit, masalah yang dihadapi yaitu penjualan yang tidak menentu, terhambatnya proses distribusi, sarana prasarana yang tidak memadai, harga yang kompetitif, minimnya pengetahuan akan teknologi, serta kemampuan pedagang pasar untuk menghadapi perubahan khususnya di era pasca pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan para pelaku usaha dalam menyikapi kenaikan harga pangan pasca pandemi Covid-19 di Pasar Warung Buncit dengan meggunakan konsep strategi marketing mix place, promotion, price, product (marketing mix 4P) sebagai solusi dari kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif, dan disajikan secara deskriptif
dengan melakukan observasi langsung, wawancara, pengambilan dokumentasi serta rekaman dari hasil wawancara, dan sebagainya. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Selama pandemi Covid-19 penjualan mengalami penurunan, akan tetapi penjualan kembali stabil pada saat pasca pandemi Covid-19. Selama pasca pandemi para pedagang bertahan dengan hanya mengandalkan pelanggan tetapnya, upaya tersebut merupakan strategi pedagang dalam menghadapi kenaikan harga pangan pasca pandemi. 2) Adapun kendala yang dihadapi para pedagang pasar Warung Buncit yakni beberapa pedagang kesulitan dalam penggunaan aplikasi untuk dijual secara online dan kondisi fisik sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga mempengaruhi kenyamanan pembeli yang datang mengunjungi pasar tersebut.
Kata Kunci: Covid-19, Marketing Mix 4P (Place, Promotion, Price, Product), UMKM
dengan melakukan observasi langsung, wawancara, pengambilan dokumentasi serta rekaman dari hasil wawancara, dan sebagainya. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Selama pandemi Covid-19 penjualan mengalami penurunan, akan tetapi penjualan kembali stabil pada saat pasca pandemi Covid-19. Selama pasca pandemi para pedagang bertahan dengan hanya mengandalkan pelanggan tetapnya, upaya tersebut merupakan strategi pedagang dalam menghadapi kenaikan harga pangan pasca pandemi. 2) Adapun kendala yang dihadapi para pedagang pasar Warung Buncit yakni beberapa pedagang kesulitan dalam penggunaan aplikasi untuk dijual secara online dan kondisi fisik sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga mempengaruhi kenyamanan pembeli yang datang mengunjungi pasar tersebut.
Kata Kunci: Covid-19, Marketing Mix 4P (Place, Promotion, Price, Product), UMKM
Sahira Husain - Personal Name
120208029 - Sahira Husain
Skripsi MJ
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...