Strategi Konvergensi Media Insert Menjadi Media Online Insertlive.com
Perkembangan teknologi komunikasi telah melahirkan fenomena konvergensi media, hadirnya beragam media yang terlahir dari proses penggabungan antara media massa konvensional dengan teknologi media baru, membawa tren baru di dunia industri media. Kemajuan teknologi tersebut membuat Insert melakukan strategi konvergensi media dengan menggabungkan Insert sebagai media konvensional dengan teknologi internet, sehingga melahirkan entitas yaitu Insertlive.com sebagai media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi konvergensi media Insert menjadi media online Insertlive.com pada lima proses tahapan konvergensi kontinum yaitu pada proses cross promotion, cloning, coopetition, content sharing dan full convergenece . Metode penelitian menggunakan metodologi kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara serta observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan Insert menerapkan lima tahapan konvergensi kontinum yaitu, pada tahap cross promotion masing-masing media saling berpromosi di masing-masing platform media nya, pada tahap cloning Insert dan Insertlive.com melakukan proses peng-cloningan pada masing-masing konten, pada tahap coopetition, masing-masing media melakukan sistem kolaborasi dan saling bekerja sama, sedangkan pada tahap content sharing Insert dan Insertlive memiliki sumber konten yang sama yang berasal dari tim lapangan atau reporter Insert dan pada tahap terakhir full convergence Insert telah melakukan tahap full convergence dengan Insertlive.com mulai dari iklan, konten, produksi dan pendistribusian. Strategi konvergensi media Insert pada Insertlive.com ini dilakukan agar masing-masing media dapat saling bersinergi melalui kolaborasi dan kerja sama untuk mengembangkan salah satu bisnisnya di era digital.
Kata kunci: Perkembangan teknologi , strategi konvergensi, konvergensi media.
Jumlah buku: 29 Buku (2005 s.d 2021), 2 skripsi, 1 tesis, 8 jurnal dan 1 situs website
Kata kunci: Perkembangan teknologi , strategi konvergensi, konvergensi media.
Jumlah buku: 29 Buku (2005 s.d 2021), 2 skripsi, 1 tesis, 8 jurnal dan 1 situs website
Givi Hilmi Sugiagi - Personal Name
120206016 - Givi Hilmi Sugiagi
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...