Analisis Framing Pemberitaan Dampak Kenaikan Harga BBM di IDNTimes.Com
Kenaikan harga BBM bersubsidi, yakni Pertalite dan Solar pada 3 September 2022 menjadi informasi yang terus disoroti dan diberitakan oleh media massa di Indonesia. Kenaikan harga dua jenis BBM bersubsidi memang cukup signifikan, yakni Pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10.000/liter, dan Solar dari Rp5.150 menjadi Rp6.800/liter. Keputusan pemerintah juga dibuat di saat masyarakat Indonesia masih berupaya bangkit dari dampak pandemik COVID-19, dan juga saat harga minyak dunia mengalami penurunan. Kondisi itu pun menjadi target media massa untuk dituangkan ke dalam berita. Salah satunya adalah media massa online IDNTimes.com. Dalam menyajikan berita, media massa memiliki kemampuan mengonstruksi realitas yang akan diterima pembaca. Salah satunya dengan cara pembingkaian fakta, alias framing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan IDNTimes.com dalam menyajikan informasi terkait dampak kenaikan harga BBM. Analisis framing yang dilakukan menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini menggunakan metode framing yang bersifat deskriptif, sehingga peneliti dapat mendeskripsikan sebuah pengaturan atau setting sosial ke dalam sebuah narasi. Teknik yang dilakukan dalam mengambil data ialah dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah berita terkait dampak kenaikan harga BBM yang tayang di situs web (website) IDNTimes.com pada periode 1 September – 1 November 2022. Jumlah berita yang diperoleh menggunakan metode sensus pada periode tersebut ialah 10 berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IDNTimes.com melakukan framing terhadap informasi dampak negatif kenaikan harga BBM terhadap kehidupan masyarakat. IDNTimes.com cenderung menonjolkan efek domino terhadap kehidupan masyarakat pasca kenaikan harga BBM bersubsidi. Peneliti melihat, tema besar itu diambil untuk menyajikan berita yang langsung berkaitan dengan kehidupan masyarakat, demi menarik pembaca lebih banyak, yang mendukung kepentingan bisnis IDN Times sebagai perusahaan media. Saran akademis dari penelitian ini adalah berharap agar penelitian selanjutnya bisa menyoroti isu pemberitaan strategis dari bidang lain, media lain, dan juga model framing lainnya. Saran praktis dari penelitian ini agar ke depannya IDNTimes.com bisa menyajikan berita yang lebih komprehensif dan menyantumkan narasumber, opini, serta data yang dapat melengkapi aspek keberimbangan berita.
Kata kunci: Media Online, Framing, Harga BBM
Jumlah Literatur: 21 buku (2000-2022), 2 jurnal, 3 artikel internet.
Kata kunci: Media Online, Framing, Harga BBM
Jumlah Literatur: 21 buku (2000-2022), 2 jurnal, 3 artikel internet.
Vadhia Lidyana - Personal Name
121106088 - Vadhia Lidyana
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...