Strategi Promosi Budaya Prancis Oleh Institut Francais Indonesia Terhadap Indonesia Pada Era Pandemi Tahun 2020-2021
Prancis merupakan salah satu negara yang menggunakan daya tarik untuk memiliki pengaruh menggunakan unsur budaya agar terciptanya keberagaman di dunia. Prancis
menggunakan pusat budaya di luar negeri untuk memperkenalkan budaya Prancis. Salah satunya Prancis mempromosikan budaya di Indonesia melalui Institut Français Indonesia ini merupakan bentuk Diplomasi Budaya Prancis kepada Indonesia. Namun masa pandemi 2020-2021 Institut Français Indonesia mengalami perubahan dalam mempromosikan budaya Prancis. Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi Institut Français Indonesia dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021 dimana semua negara berlomba menggunakan unsur budaya untuk kepentingan nasional
Penelitian ini menggunakan paradigma liberalisme institusionalis, dimana paradigma ini memahami bahwa keberadaan institusi dengan mendorong kerjasama dapat menghindari adanya kesalahpahaman dengan cara diplomasi dan komunikasi yang tepat. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan teknik deskriptif analisis untuk menggambarkan bagaimana strategi yang dilakukan Institut Français Indonesia dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021. Untuk mendeskripsikan rumusan masalah penulis menggunakan konsep strategi komunikasi yang mana diplomasi budaya Prancis melalui Institut Français Indonesia memerlukan kunci penguatan dari sisi komunikasi agar budaya Prancis tetap hidup di era pandemi tahun 2020-2021.
Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa Institut Français Indonesia mengalami perubahan dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021 yang mana komunikasi menjadi hal penting untuk menghidupkan budaya Prancis di Indonesia sehingga perlu mengetahui target khalayak, hasil kerjasama dengan beberapa pihak dalam kegiatan atau acara budaya disampaikan melalui kreatifitas konten untuk dipromosikan melalui alat media online agar pesebaran yang luas dan cepat dengan target seluruh Indonesia. Hasil dari strategi tersebut Institut Français Indonesia belum cukup berhasil menarik minat khalayak untuk berpartisipasi pada acara online Institut Français Indonesia pada era pandemi tahun 2020-2021.
Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Komunikasi, Promosi, Institut Français Indonesia
menggunakan pusat budaya di luar negeri untuk memperkenalkan budaya Prancis. Salah satunya Prancis mempromosikan budaya di Indonesia melalui Institut Français Indonesia ini merupakan bentuk Diplomasi Budaya Prancis kepada Indonesia. Namun masa pandemi 2020-2021 Institut Français Indonesia mengalami perubahan dalam mempromosikan budaya Prancis. Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi Institut Français Indonesia dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021 dimana semua negara berlomba menggunakan unsur budaya untuk kepentingan nasional
Penelitian ini menggunakan paradigma liberalisme institusionalis, dimana paradigma ini memahami bahwa keberadaan institusi dengan mendorong kerjasama dapat menghindari adanya kesalahpahaman dengan cara diplomasi dan komunikasi yang tepat. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan teknik deskriptif analisis untuk menggambarkan bagaimana strategi yang dilakukan Institut Français Indonesia dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021. Untuk mendeskripsikan rumusan masalah penulis menggunakan konsep strategi komunikasi yang mana diplomasi budaya Prancis melalui Institut Français Indonesia memerlukan kunci penguatan dari sisi komunikasi agar budaya Prancis tetap hidup di era pandemi tahun 2020-2021.
Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa Institut Français Indonesia mengalami perubahan dalam mempromosikan budaya Prancis pada era pandemi tahun 2020-2021 yang mana komunikasi menjadi hal penting untuk menghidupkan budaya Prancis di Indonesia sehingga perlu mengetahui target khalayak, hasil kerjasama dengan beberapa pihak dalam kegiatan atau acara budaya disampaikan melalui kreatifitas konten untuk dipromosikan melalui alat media online agar pesebaran yang luas dan cepat dengan target seluruh Indonesia. Hasil dari strategi tersebut Institut Français Indonesia belum cukup berhasil menarik minat khalayak untuk berpartisipasi pada acara online Institut Français Indonesia pada era pandemi tahun 2020-2021.
Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Komunikasi, Promosi, Institut Français Indonesia
Anita Ruzaini - Personal Name
118105068 - Anita Ruzaini
Skripsi HI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...