Diplomasi Budaya Jepang Terhadap Indonesia Melalui Program Nihongo Partner Oleh Japan Foundation (2014-2020)
Penelitian ini membahas perihal Diplomasi Jepang terhadap Indonesia melalui the Japan Foundation. Mengingat bahwa Indonesia dan Jepang memiliki sejarah yang sangat panjang dengan Jepang tentunya diantara kedua nya memiliki banyak kerjasama hingga saat ini. Salah satu bentuk dari kerjasama yang dilakukan oleh Jepang dengan negara lain dan juga dengan Indonesia yaitu melalui the Japan Foundation yang didalam nya terdapat beberapa program kerjasama. Salah satu program kerjasama yang dilakukan oleh the Japan Foundation di Indonesia yaitu memperkenalkan budaya dan bahasa antar kedua negara. Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui salah satu program yang ada didalam the Japan Foundation perihal penyebaran budaya dan bahasa Jepang di Indonesia melalui Nihongo Partner. Kemudian, peneliti menganalisis dampak dari Nihongo Partner terhadap Jepang dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan neo-liberalisme, Soft Power, Nation Branding, dan Diplomasi Budaya dalam memecahkan permasalahan penelitian. Neo-liberalisme menjelaskan bahwa meskipun Indonesia dan Jepang memiliki latar belakang yang kurang baik, akan tetapi untuk saling meningkatkan potensi negara satu sama lain tentunya harus saling melakukan kerjasama. Hasil dalam penelitian ini yaitu, diplomasi yang dilakukan oleh Jepang di Indonesia melalui Nihongo Partner dalam penyebaran budaya dan bahasa Jepang di Indonesia memiliki dampak yang cukup besar sehingga Nihongo Partner dijadikan sebagai nation branding oleh Jepang dalam penyebaran budaya dan bahasa Jepang.
Kata Kunci: Jepang, Indonesia, Diplomasi Budaya, Nihongo Partner
Kata Kunci: Jepang, Indonesia, Diplomasi Budaya, Nihongo Partner
Akbar Hidayatulloh - Personal Name
118105094 - Akbar Hidayatulloh
Skripsi HI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...