Diplomasi Korea Selatan Studi Kasus: Strategi SM Entertainment Dalam Pengembangan K-Metaverse Melalui K-Pop di Amerika Serikat 2020-2022
Kemajuan IPTEK menimbulkan isu isu baru muncul, salah satunya adalah metaverse. Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam mengembangkan metaverse di negaranya. Korea Selatan sebagai salah satu negara yang tertarik dengan pengembangan metaverse meiliki proyek yang bernama K-Metaverse. K-Metaverse dikembangkan ke dalam berbagai bidang salah satunya adalah K-pop. Menggunakan studi literatur serta teori Diplomasi Publik dan Coorporate Diplomacy dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi agensi hiburan Korea Selatan dalam melakukan pengembangan Korean Metaverse melalui K-Pop di Amerika Serikat. SM Entertainment sebagai aktor non negara melakukan berbagai macam strategi untuk mengembangkan K-Pop sebagai bentuk Coorporate Diplomacy dan Diplomasi Publik di Amerika Serikat melalui strategi yang dijalankan. Strategi tersebut membawa efek langsung dan tidak langsung dalam pemasukan negara. Saat pandemik Covid-19, perekonomian Korea Selatan tetap mendapatkan pemasukan akibat besarnya ekspor kecantikan, album K-Pop, dan ekspor konten artis SM Entertainment yang menggunakan teknologi metaverse. Melalui Nation Branding yang dijalankan sebagai bentuk strategi pengembangan Diplomasi Publik Korean Metaverse melalui K-pop di Amerika Serikat berhasil membuat salah satu artis SM Entertainment yaitu Aespa di undang oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) untuk mengkampanyekan Metaverse di masa depan.
Kata kunci : Aespa, Amerika Serikat, Coorporate Diplomacy, Diplomasi Publik, Korea
Selatan, K-Metaverse, K-Pop, Metaverse, dan SM Entertainment
Kata kunci : Aespa, Amerika Serikat, Coorporate Diplomacy, Diplomasi Publik, Korea
Selatan, K-Metaverse, K-Pop, Metaverse, dan SM Entertainment
Adelia Ayuningtiyas Wibowo - Personal Name
118205028 - Adelia Ayuningtiyas Wibowo
Skripsi HI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...