Peluang dan Tantangan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Bagi Indonesia pada Subsektor Fesyen
Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dibentuk sebagai wujud dari respon ASEAN terhadap dinamika ekonomi di kawasan dan global berupa integrasi negara-negara ASEAN dengan perekonomian global. RCEP memiliki tujuan progresif menghapuskan hambatan tarif dan non-tarif serta memfasilitasi dan meningkatkan transparansi antar negara anggota. Tekstil dan pakaian jadi adalah sektor penting di bawah negosiasi RCEP. Pakaian jadi atau yang kemudian disebut fesyen dalam arti luas sebagai bagian dari subsektor ekonomi kreatif ternyata memberikan kontribusi cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Dengan ditandatangani dan berlakunya RCEP bagi Indonesia, memberikan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia khususnya dalam subsektor fesyen. Melalui metode descriptive analysis dengan pendekatan kualitatif, penulis menemukan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia pada subsektor fesyen jauh lebih banyak ketimbang peluang yang didapat. Tantangan yang dihadapi Indonesia tidak hanya tantangan eksternal, namun juga tantangan internal. Menghadapi peluang dan tantangan yang dihadapi tersebut, Indonesia sebaiknya menyiapkan strategi-strategi yang tepat dalam rangka melindungi perekonomian nasional.
Kata Kunci : RCEP, ekonomi Indonesia, fesyen
Kata Kunci : RCEP, ekonomi Indonesia, fesyen
Anita Wijayanti - Personal Name
220131060 - Anita Wijayanti
TESIS PGSD
Tesis PGSD
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
xi + 193
LOADING LIST...
LOADING LIST...