Efektivitas Akun Instagram @sejutacita.id Dalam Pemenuhan Informasi Seputar Beasiswa Kepada Followers
Komunikasi adalah suatu proses menyampaikan isi pesan kepada orang lain. Komunikasi yang efektif ditandai dengan penyampaian informasi yang baik sehingga efektivitass distribusi informasi memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar beasiswa bagi seluruh pelajar yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Akun Instagram @sejutacita.id adalah salah satu media sosial penyalur informasi seputar pendidikan yang rutin membagikan postingan seputar beasiswa dengan lebih dari 2,5 juta mahasiswa maupun pelajar yang terdaftar sebagai pengguna aplikasi nya serta memiliki 549.000 pengikut pada media sosial. Tujuan Penelitian : Mengetahui seberapa besar Efektivitas Akun Instagram @sejutacita.id dalam memenuhi informasi seputar beasiswa. Metode Penelitian : dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif survei yang dilakukan kepada 100 orang responden followers akun Instagram @sejutacita.id. Hasil Penelitian : dari penelitian diperoleh kesimpulan yaitu hasil Efektivitas Akun Instagram @sejutacita.id dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar beasiswa sebesar 3,45 yang mengarah ke indikator efektif. Penelitian ini memiliki kesimpulan dimana nilai Efektivitas Akun Instagram @sejutacita.id memiliki tingkat efektivitas tinggi dan dapat memenuhi
kebutuhan inforasi seputar beasiswa kepada followers nya. Saran Akademis : Menurut peneliti, SejutaCita dapat terus mempertahankan atau meningkatkan komunikasi massa melalui media baru agar followers Instagram @sejutacita.id dapat menerima informasi dengan lebih baik lagi. Selain itu bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian dengan dua variabel agar menghadirkan referensi baru terhadap komunikasi media sosial. Saran Praktis : Berkembangnya sosial media yang berjalan pesat, SejutaCita harus memperhatikan dimensi yang menghasilkan nilai efektivitas terendah dari penelitian ini yaiu kemudahan akses. SejutaCita dapat meningkatkan kebaharuan informasi dan meningkatkan layanan bantuan yang terhubung ke akun Instagram @sejutacita.id.
Kata Kunci : Efektivitas, Atraktivitas Media, Kejelasan Informasi, Kelengkapan Informasi, Kemudahan Akses.
Jumlah Literatur : 30 buku, 3 website
kebutuhan inforasi seputar beasiswa kepada followers nya. Saran Akademis : Menurut peneliti, SejutaCita dapat terus mempertahankan atau meningkatkan komunikasi massa melalui media baru agar followers Instagram @sejutacita.id dapat menerima informasi dengan lebih baik lagi. Selain itu bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian dengan dua variabel agar menghadirkan referensi baru terhadap komunikasi media sosial. Saran Praktis : Berkembangnya sosial media yang berjalan pesat, SejutaCita harus memperhatikan dimensi yang menghasilkan nilai efektivitas terendah dari penelitian ini yaiu kemudahan akses. SejutaCita dapat meningkatkan kebaharuan informasi dan meningkatkan layanan bantuan yang terhubung ke akun Instagram @sejutacita.id.
Kata Kunci : Efektivitas, Atraktivitas Media, Kejelasan Informasi, Kelengkapan Informasi, Kemudahan Akses.
Jumlah Literatur : 30 buku, 3 website
Diah Retno Anggraeni - Personal Name
118206056 - Diah Retno Anggraeni
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...