Efektivitas Konten Kecantikan dan Gaya Hidup di Instagram @BeautyJournal
Latar Belakang: Media sosial adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna merepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, dan berkomunikasi dengan pengguna lain membentuk ikatan sosial secara virtual. Selain itu, fungsi media sosial di zaman ini sudah berkembang menjadi lebih beragam, salah satunya adalah untuk komunikasi pemasaran. Beauty Journal memasarkan konten-konten kecantikan dan gaya hidup lewat media sosial, salah satunya adalah Instagram. Hingga Oktober 2022, Instagram Beauty Journal sudah memiliki 363 ribu followers dengan lebih dari 9.000 posts. Tujuan Penelitian: Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan sebagai bahan masukan dalam penyusunan karya ilmiah sehingga diperoleh kejelasan tentang efektivitas konten kecantikan dan gaya hidup di Instagram @BeautyJournal dan lebih spesifik lagi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas konten kecantikan dan gaya hidup di Instagram @BeautyJournal. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif deskriptif, untuk melihat efektivitas konten kecantikan dan gaya hidup di Instagram @BeautyJournal. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode survey yang disebarkan ke 100 sampel responden dari populasi pengikut Instagram Beauty Journal. Hasil Penelitian: Hasil persentase menunjukkan bahwa dimensi kognitif memiliki persentase sebesar 83% dengan nilai rata-rata 3,33, dimensi afektif menunjukkan hasil persentase tertinggi yaitu 90% dengan nilai rata-rata 3,39, dan dimensi behavioral memiliki persentase sebesar 61% dengan nilai rata-rata 3,03. Kesimpulan: Efektivitas konten kecantikan dan gaya hidup di Instagram @BeautyJournal dinilai efektif dapat dibuktikan dengan ketiga dimensi yang menjadi fokus penelitian, pada efek kognitif mendapatkan persentase sebesar 83%, dimensi afektif 90%, dan dimensi behavioral sebesar 61%.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Efek Pesan Komunikasi, Media Sosial, Instagram.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Efek Pesan Komunikasi, Media Sosial, Instagram.
Mariska Firanda - Personal Name
120206041 - Mariska Firanda
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...