Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Masa Pandemi COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh prokrastinasi akademik terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19. Prokrastinasi akademik mengarah pada kecenderungan untuk menunda hal yang berkaitan dengan aktivitas maupun perilaku dalam lingkup akademik (McCloskey & Scielzo, 2015). Sedangkan, penyesuaian akademik diketahui sebagai kemampuan individu dalam beradaptasi di lingkup akademik, sehingga menghasilkan suatu
prestasi akademik (Baker & Syirk, 1984). Responden terdiri dari 122 mahasiswa yang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling jenis explanatory design Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien pengaruh (R) yaitu 0,613 dengan
persentase sebesar 37,5% dari variabel prokrastinasi akademik, sehingga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap penyesuaian akademik dan 62,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat penyesuaian akademik yang dilakukan pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Penyesuaian Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Jarak Jauh
prestasi akademik (Baker & Syirk, 1984). Responden terdiri dari 122 mahasiswa yang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling jenis explanatory design Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien pengaruh (R) yaitu 0,613 dengan
persentase sebesar 37,5% dari variabel prokrastinasi akademik, sehingga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap penyesuaian akademik dan 62,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat penyesuaian akademik yang dilakukan pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Penyesuaian Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Jarak Jauh
Olivia Ayu Sabrina - Personal Name
118107043 - Olivia Ayu Sabrina
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...