Pengaruh Persepi Pada Selebgram Endorsement Terhadap Perilaku Konsumtif Wanita Dewasa Awal Dalam Belanja Online Pembelian Outfit
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepi pada selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif pada wanita dewasa awal dalam belanja online pembelian produk outfit. Responden penelitian ini terdiri dari wanita dewasa awal yang berdomisili di Wilayah Jabodetabek, memiliki instagram dan pernah berbelanja online. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan alat ukur dari Ningsih (2019) yang mana alat ukur selebgram endorsement ini dipadankan dengan persepsi pada selebgram endorsement tersebut, berdasarkan aspek dari Rossiter dan Percy (1998) selebgram endorsement harus memiliki empat karakteristik yang dikenal dengan VisCAP yaitu Visibility (Kepopuleran), Credibility (Kredibilitas), Attractiveness (Daya tarik), dan Power (Kekuatan) dan perilaku konsumtif menggunakan alat ukur dari Yunita (2014) berdasarkan indikator perilaku konsumtif dari Sumartono (2002). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk melihat pengaruh persepsi pada selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi pada selebgram endorsement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif (p=0,000). Kontribusi yang diberikan selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif yaitu sebesar 15,1% (R2 = 0,151).
Kata kunci : Persepsi Selebgram Endorsement, Perilaku Konsumtif, Wanita Dewasa Awal, Belanja Online, Outfit.
Kata kunci : Persepsi Selebgram Endorsement, Perilaku Konsumtif, Wanita Dewasa Awal, Belanja Online, Outfit.
Ditia Fitrianti - Personal Name
120107025 - Ditia Fitrianti
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...