Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial Orang Tua Sebagai Prediktor Terhadap Stress Akademik Siswa SMK dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efikasi diri akademik dan dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik pada siswa SMK yang mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Responden penelitian terdiri dari 69 siswa SMK. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh efikasi diri akademik dan dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik dan dukungan sosial orang tua secara simultan merupakan prediktor negatif yang signifikan terhadap stres akademik pada siswa SMK dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 dengan nilai kontribusi sebesar 18%. Efikasi diri akademik secara parsial merupakan prediktor negatif yang signifikan terhadap stres akademik dengan nilai kontribusi sebesar 17%, sedangkan variabel dukungan sosial orang tua secara parsial bukan merupakan prediktor yang signifikan terhadap stres akademik pada siswa SMK dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.
Kata kunci: stres akademik, efikasi diri akademik, dukungan sosial orang tua
Daftar Pustaka: 58, 2002-2021
Kata kunci: stres akademik, efikasi diri akademik, dukungan sosial orang tua
Daftar Pustaka: 58, 2002-2021
Erli Setiani - Personal Name
119107063 - Erli Setiani
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...