Pengaruh Pesan dan Media Kampanye Program Pengendalian Gratifikasi Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) Terhadap Sikap Antigratifikasi Aparatur Sipil Negara (Survei pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Gorontalo)
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui: 1) Bagaimana hubungan atau korelasi pesan kampanye pada Program Pengendalian Gratifikasi KPK terhadap sikap antigratifikasi Aparatur Sipil Negara (ASN), 2) bagaimana hubungan atau korelasi media kampanye pada Program Pengendalian Gratifikasi KPK terhadap sikap antigratifikasi Aparatur Sipil Negara (ASN), 3) sejauhmana pengaruh pesan dan media kampanye pada Program Pengendalian Gratifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK terhadap sikap antigratifikasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Metode Penelitian: Survei kuantitatif dengan sifat eksplanatif dengan menggunakan kuisioner kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Gorontalo. Hasil Penelitian: Penilaian ASN terhadap pesan kampanye pada Program Pengendalian Gratifikasi di Pemerintah Kota Gorontalo adalah tinggi atau efektif dengan rata-rata nilai sebesar 48,91 (interval nilai 14-56), penilaian ASN terhadap media kampanye yang digunakan pada Program Pengendalian Gratifikasi di Pemerintah Kota Gorontalo adalah tinggi atau efektif dengan rata-rata nilai sebesar 46,86 (interval nilai 14-56), dan penilaian ASN terhadap sikap antigratifikasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemerintah Kota Gorontalo tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 56,99 (interval nilai 16-64). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang kuat antara pesan kampanye dan sikap antigratifikasi dengan koofisien korelasi sebesar 0,747 dan terdapat hubungan yang kuat juga antara media kampanye dan sikap antigratifikasi dengan koofisien korelasi sebesar 0,689. Hasil nilai R(Square) adalah 0.596 yang berarti bahwa pesan dan media kampanye mempunyai pengaruh sebesar 59.6% terhadap sikap antigratifikasi Aparatur Sipil Negara. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 40.4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.
Kata kunci : Pesan kampanye, media kampanye, sikap, gratifikasi, aparatur sipilnegara
Jumlah Literatur : 45 buku (1974-2018), 6 Jurnal (2002-2020), 6 artikel
Kata kunci : Pesan kampanye, media kampanye, sikap, gratifikasi, aparatur sipilnegara
Jumlah Literatur : 45 buku (1974-2018), 6 Jurnal (2002-2020), 6 artikel
Andy Purwana - Personal Name
218121044 - Andy Purwana
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...