Perancangan Visual e-Katalog Sebagai Media Informasi Pada Merk "Ibacks"
Lebih dari setengah populasi di Indonesia atau 56,2% telah menggunakan smartphone pada tahun 2018 lalu setahun setelahnya, sebanyak 63,3% masyarakat menggunakan perangkat tersebut. Hingga 2025, setidaknya dipredikasi mencapai 89,2% populasi di Indonesia telah memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut (ponsel pintar). Dalam kurun waktu enam tahun sejak 2019, presentasi penggunaan smartphone di tanah air tumbuh mencapai 25,9%. Meningkatnya penjualan smartphone dan aksesories sebagai pelengkap akan mendorong industri bertumbuh dikota kota besar terutama di Jakarta baik di jumpai secara langsung pada toko atau membeli secara online (e-commerce). Adapun beberapa merk luar negeri yang populer menjual produk aksesoris gadget di Indonesia seperti Anker, Aukey, Baseus, Ugreen, Zola, Uneed, Vention, Usams, Ecle, Orico dan Acmic serta produk lokal meliputi Vivan, Robot, Acome, Vizz, Joyseus, BlitzWolf, Vyatta dan Ibacks dengan menjualkan produknya secara offline serta online. Ibacks adalah indienya (independent) brand aksessoris gadget untuk pasar premium market sebagai fokus utamanya pada pasar Apple serta pasar Android seperti contoh Samsung (high value). Sejak masuk kedalam aksessoris gadget, terbentuk kurang lebih pada tahun 2015 pertengahan dan aktif memulai bisnis online (e-commerce) seperti Tokopedia dan Shopee sejak tahun 2017. Dalam menghadapi fenomena yang semakin kompetitif serta tertinggalnya oleh kompetitor ibacks dituntut untuk bisa menciptakan suatu pembeda (differentiation). Maka dari itu dibutuhkannya perancangan media informasi interaktif yang dapat membantu target audiens dan mandatory dalam kebutuhannya untuk mengakses serta memberikan informasi, dengan mengoptimalisasikan media komunikasi pemasaran yang efesien dalam perancangan sistem informasi serta promosi berupa EāCatalog Interactive guna mempromosikan keunggulan produknya serta menikmati pengalaman yang berbeda dari para pesaingnya seperti Anker, Aukey dan Baseus yang belum memiki media tersebut.
Kata Kunci: E-Catalog, Interaktif, Aksesoris Gadget, Pasar premium
Daftar Pustaka: 8 Buku, 42 Laman Web, 3 Jurnal
Kata Kunci: E-Catalog, Interaktif, Aksesoris Gadget, Pasar premium
Daftar Pustaka: 8 Buku, 42 Laman Web, 3 Jurnal
Muhammad Rizky Rhomadhon - Personal Name
116101013 - Muhammad Rizky Rhomadhon
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...