Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Keterikatan Merek: Mediasi Oleh Kepercayaan Terhadap Merek
Penelitian ini merupakan replika penelitian dari Wu dan Lin (2014) yang melibatkan 226 responden yang terdiri dari beberapa generasi. Responden penelitian ini, laki-laki sebanyak 102 responden (45 persen) dan perempuan sebanyak 124 responden (55 persen). Mayoritas generasi Y dengan usia 26-40 tahun sebanyak 110 responden (49 persen) dan bekerja sebagai karyawan swasta sebanyak 97 responden (43 persen). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility dalam tataran ekonomi, hukum, etika dan filantropis terhadap keterikatan merek dengan mediasi kepercayaan merek pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa/Gojek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan variabel intervening, dengan melakukan tiga jalur model pengujian antaralain: 1) uji pengaruh CSR terhadap kepercayaan merek, 2) uji pengaruh CSR dan kepercayaan merek terhadap keterikatan merek dan 3) uji pengaruh CSR melalui kepercayaan terhadap keterikatan merek. Pada penelitian ini, melakukan uji asumsi klasik dengan melakukan pengujian normalitas, multikolineritas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini telah menunjukan bahwa CSR pada tataran ekonomi, etika dan filantropis melalui kepercayaan merek signifikan positif berpengaruh pada keterikatan merek menurut uji sobet test dengan partial mediated artinya dapat melalui mediasi atau tanpa mediasi kecuali pada CSR etika hanya dapat melalui mediasi. Namun mediasi kepercayaan merek tidak memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada CSR. Sehingga semakin baik tingkat kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan akan semakin tinggi juga tingkat keterikatan terhadap merek.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kepercayaan Merek, Keterikatan Merek
Daftar Pustaka: 54 pustaka, 2001 s.d 2020
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kepercayaan Merek, Keterikatan Merek
Daftar Pustaka: 54 pustaka, 2001 s.d 2020
Ahmad Yusuf - Personal Name
116108015 - Ahmad Yusuf
Skripsi MJ
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...