Gambaran Konsep Diri Remaja Pelaku Seni Lulusan Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran konsep diri remaja pelaku seni lulusan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang. Peneliti berusaha melihat gambaran melalui dimensi konsep internal dan eksternal sejak subjek belajar di pesantren MTI Canduang di tahun 2014 hingga tahun 2020, yaitu memiliki rentang waktu 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif studi kasus. Metode pengumpulan data dengan mewawancarai laki-laki berusia 24 tahun dengan pengambilan sampel nonprobability sampling (purposeful sampling), serta mewawancarai empat orang informan sebagai pendukung data. dapat disimpulkan dari dimensi internal dan eksternal bahwa subjek memiliki konsep diri dari kesatuan yang menyeluruh dan dinamis, setiap bagian saling berinteraksi antara satu dimensi dengan dimensi yang lain baik itu internal (diri identitas, diri pelaku, diri penilai) maupun eksternal (diri fisik, etik - moral, personal, keluarga, sosial). Subjek mengonsepsikan dirinya adalah orang seni, seni adalah jalan hidup subjek dan menganggap seni adalah jalan yang subjek pilih. Subjek menganggap dirinya orang seni yang mampu berguna bagi pesantren, subjek juga menganggap dirinya peduli dengan pesantren. Pada sisi gambaran subjek berdasarkan dimensi yang beririsan satu dengan yang lain. Subjek menganggap dirinya nakal namun tidak seperti nakal yang dimaksud oleh pihak pesantren terhadap subjek. Subjek mempersepsikan dirinya sebagai pribadi yang berpikir positif meskipun pihak pesantren menilai dirinya nakal.
Kata kunci : Konsep Diri, Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang, Seni
Daftar Pustaka : (1971 - 2018)
Kata kunci : Konsep Diri, Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang, Seni
Daftar Pustaka : (1971 - 2018)
Muhammad Afrizal - Personal Name
114107018 - Muhammad Afrizal
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...