Efektivitas Isi Pesan Kampanye “Lawan Pelecehan Seksual Di Ruang Publik” Oleh Komunitas Hollaback! Jakarta Terhadap Sikap Followers Instagram @Hollaback_Jkt
Komunitas Hollaback! Jakarta menggunakan salah satu media sosial yang ada pada zaman sekarang untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat yaitu Instagram. Pesan yang disampaikan komunikator dapat memberikan efek kepada komunikannya. Efek dalam penelitian ini berkaitan dengan sikap (konatif) followers. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan komunitas Hollaback! Jakarta harus dikemas dengan baik supaya efektif sehingga dapat menciptakan efek yang diinginkan. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar efektivitas isi pesan kampanye “lawan pelecehan seksual di ruang publik” melalui akun Instagram @Hollaback_jkt terhadap sikap followers. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas isi pesan kampanye melalui Instagram @Hollaback_jkt terhadap sikap followers. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei, peneliti menyebarkan kuesioner ke 100 responden yang merupakan followers instagram @Hollaback_jkt. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis korelasi Pearson’s Correlations dan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS 22.0. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kedua variabel yaitu variabel X (efektivitas isi pesan kampanye Instagram @Hollaback_jkt) dengan variabel Y (sikap followers). Tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut adalah rendah yaitu sebesar 0.335. Pada penelitian ini efektivitas isi pesan kampanye melalui Instagram @Hollaback_jkt memiliki pengaruh sebesar 46,4% terhadap sikap followers, selebihnya 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pesan kampanye yang disampaikan komunitas Hollaback! Jakarta sebaiknya dikemas dengan lebih baik lagi sehingga dapat diterima dengan baik oleh followers.
Kata Kunci : Efektivitas Isi Pesan, Instagram, Kampanye
Daftar Pustaka : 28 Buku, 5 Website
Kata Kunci : Efektivitas Isi Pesan, Instagram, Kampanye
Daftar Pustaka : 28 Buku, 5 Website
Endang Pratiwi Kurniawan - Personal Name
114106117 - Endang Pratiwi Kurniawan
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2018
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...