Analisa Strategi Komunikasi Toshiba TV Dalam Isu Manajemen Krisis
Penelitian ini merupakan hasil dari teori yang diaplikasikan ke dalam sebuah analisa suatu manajemen krisis perusahaan, untuk mengindikasikan disiplin ilmu yang seharusnya menjadi faktor fundamental suatu perusahaan ketika membuat crisis management plan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah – langkah dan strategi komunikasi yang ditempuh oleh PT Toshiba Visual Media Network Indonesia (TVMI) untuk menangangi krisis manajemen dan memulihkan citra produk Toshiba khususnya TV. Desain studi kasus tunggal, hasil analisis ini mengungkapkan kelemahan strategi perencanaan, strategi komunikasi maupun strategi teknis penyelesaian masalah dari dengan berkembangnya isu secara cepat sehingga merambah pada kondisi krisis yang menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan publik. Langkah yang dilakukan bersifat reflektif terhadap kondisi, dimana perencanaan dilakukan secara alamiah dan spontan. Beberapa respon strategi komunikasi dilakukan melalui sebuah pesan informatif melalui komunikasi persuasi dengan melakukan dialog kepada publiknya melalui pendekatan Interpersonal Communication.Hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi PT Toshiba Visual Media Network Indonesia (TVMI) dalam menangani krisis, dengan merekrut team Public Relations, pembentukkan Crisis Management Team dan merencanakan Crisis Management Plan serta merumuskan strategi komunikasi yang bersifat struktural dan terencana untuk mengembalikan citra produk Toshiba TV di pasar.
Kata Kunci: Krisis Manajemen, Public Relations, TVMI, Strategi Komunikasi
Kata Kunci: Krisis Manajemen, Public Relations, TVMI, Strategi Komunikasi
Rizki Irwansyah - Personal Name
213121011 - Rizki Irwansyah
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2018
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...