Pengaruh Kinerja Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Terhadap Opini Publik Tentang Pendidikan Masyarakat Kurang Mampu
Abstrak
Latar belakang Indonesia masih banyak masalah salah satunya pendidikan. Banyak siswa/i yang masih putus sekolah dikarenakan biaya yang tinggi.Maka dari itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan yang dinamakan program kerja Kartu Jakarta Pintar. Tujuanya adalah untuk mengurangi jumlah anak siswa/i yang putus sekolah dengan cara memberikan bantuan dana. Seiring program kerja tersebut berjalan, tetap masih ada permasalahan yang timbul seperti keterlambatan pembuatan surat-surat yang berhubungan dengan Pemprov. Hal ini membuat kinerja pelayanan yang dilakukan Pemprov masih lemah. Maka dari itu peneliti ingin melihat kiprah Pemprov DKI Jakarta dalam hal kinerja pelayanan informasi publik. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta) mempunyai kinerja dalam hal pelayanan yang berpengaruh pada opini masyarakat yang timbul di masyarakat Rusunawa, Kampung Melayu Jakarta Timur. Tujuan Penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kinerja pelayanan informasi publik Pemprov DKI Jakarta melalui KJP terhadap opini publik tentang pentingnya pendidikan masyarakat kurang mampu di Rusunawa. Metodelogi Penelitian Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 85 responden. Hasil Penelitian uji korelasi antara variabel pelayanan informasi publik (X) dengan opini masyarakat (Y) bahwa nilai coefficient correlation (r) sebesar = 0,308. Nilai signifikansi > 0.05. Hasil uji regresi antara kinerja pelayanan informasi publik (X) terhadap Opini Masyarakat (Y) bahwa nilai r square sebesar = 0,095. Artinya ada pengaruh antara kinerja pelayanan informasi public terhadap opini masyarakat di Rusunawa, Kampung Melayu, Jakarta Timur walaupun hanya 9,5% dari 100%. 90,5% nya dipengaruhi oleh factor-faktor lain. Kesimpulan hubungan serta pengaruh yang timbul antara Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat Rusunawa sangat rendah.
Kata Kunci :Kinerja Komunikasi, Pelayanan Informasi Publik, Produktivitas Kerja, Opini Publik
Daftar Pustaka : 30 buku (2007-2017) dan 13 website
Latar belakang Indonesia masih banyak masalah salah satunya pendidikan. Banyak siswa/i yang masih putus sekolah dikarenakan biaya yang tinggi.Maka dari itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan yang dinamakan program kerja Kartu Jakarta Pintar. Tujuanya adalah untuk mengurangi jumlah anak siswa/i yang putus sekolah dengan cara memberikan bantuan dana. Seiring program kerja tersebut berjalan, tetap masih ada permasalahan yang timbul seperti keterlambatan pembuatan surat-surat yang berhubungan dengan Pemprov. Hal ini membuat kinerja pelayanan yang dilakukan Pemprov masih lemah. Maka dari itu peneliti ingin melihat kiprah Pemprov DKI Jakarta dalam hal kinerja pelayanan informasi publik. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta) mempunyai kinerja dalam hal pelayanan yang berpengaruh pada opini masyarakat yang timbul di masyarakat Rusunawa, Kampung Melayu Jakarta Timur. Tujuan Penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kinerja pelayanan informasi publik Pemprov DKI Jakarta melalui KJP terhadap opini publik tentang pentingnya pendidikan masyarakat kurang mampu di Rusunawa. Metodelogi Penelitian Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 85 responden. Hasil Penelitian uji korelasi antara variabel pelayanan informasi publik (X) dengan opini masyarakat (Y) bahwa nilai coefficient correlation (r) sebesar = 0,308. Nilai signifikansi > 0.05. Hasil uji regresi antara kinerja pelayanan informasi publik (X) terhadap Opini Masyarakat (Y) bahwa nilai r square sebesar = 0,095. Artinya ada pengaruh antara kinerja pelayanan informasi public terhadap opini masyarakat di Rusunawa, Kampung Melayu, Jakarta Timur walaupun hanya 9,5% dari 100%. 90,5% nya dipengaruhi oleh factor-faktor lain. Kesimpulan hubungan serta pengaruh yang timbul antara Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat Rusunawa sangat rendah.
Kata Kunci :Kinerja Komunikasi, Pelayanan Informasi Publik, Produktivitas Kerja, Opini Publik
Daftar Pustaka : 30 buku (2007-2017) dan 13 website
Sofira Laila Lukmanda - Personal Name
113106048 - Sofira Laila Lukmanda
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...