Strategi Kampanye Public Relations Melalui Media Twitter Untuk Peningkatan Awareness Lembaga Penjamin Simpanan
Abstrak
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui strategi kampanye public relations melalui media Twitter dalam meningkatkan awareness. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sifat Penelitian: Deskriptif. Teknik Pengumpulan Data: wawancara, studi dokumentasi. Hasil Penelitian: LPS menggunakan tiga pendekatan strategi kampanye yaitu khalayak sasaran mengetahui tugas dan fungsi LPS, khalayak sasaran yakin LPS menjalankan fungsinya, khalayak sasaran turut menyebarkan fungsi dan tugas LPS. LPS mengidentifikasi bahwa kecepatan informasi langsung menyebar melalui media mainstream, kampanye melalui Twitter dapat dilakukan setiap hari, pesan dapat berupa text, image, video, dan kultweet, dan lifestyle masyarakat tidak lepas dari gadget. Hal itu mendorong penetapan tujuan untuk meningkatkan awareness khalayak sasaran terhadap LPS. Media Twitter digunakan untuk penyebaran edukasi dan informasi mengenai fungsi dan tugas LPS. Pengukuran hasilnya dilihat dari peningkatan awareness dan pertumbuhan followers. Pelaksanaan strategi menggunakan pendekatan metode penyusunan pesan edukasi yang diturunkan menjadi tema mingguan dan bulanan, menggunakan jasa endorser dan PR Consultant, koordinasi dengan PR Consultant, dan meningkatan kredibilitas akun dalam upaya peningkatkan engagement rate. Kesimpulan: LPS belum menetapkan khalayak sasaran secara spesifik. LPS melaksanakan pendekatan metode pemilihan strategi dan metode penyusunan tema mingguan dan bulanan. Tolak ukur keberhasilan strategi kampanye dalam upaya meningkatkan awareness dilihat dari engagement rate. Saran: LPS mendefinisikan khalayak sasaran secara lebih detail, menambah materi tema keuangan di kehidupan sehari-hari, dan menentukan skala waktu lebih spesifik dalam menjalankan taktik.
Kata Kunci : Komunikasi, Strategi Kampanye, Public Relations, Twitter, Awareness
Jumlah Literatur : 26 buku, 8 dokumen perusahaan, 4 website
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui strategi kampanye public relations melalui media Twitter dalam meningkatkan awareness. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sifat Penelitian: Deskriptif. Teknik Pengumpulan Data: wawancara, studi dokumentasi. Hasil Penelitian: LPS menggunakan tiga pendekatan strategi kampanye yaitu khalayak sasaran mengetahui tugas dan fungsi LPS, khalayak sasaran yakin LPS menjalankan fungsinya, khalayak sasaran turut menyebarkan fungsi dan tugas LPS. LPS mengidentifikasi bahwa kecepatan informasi langsung menyebar melalui media mainstream, kampanye melalui Twitter dapat dilakukan setiap hari, pesan dapat berupa text, image, video, dan kultweet, dan lifestyle masyarakat tidak lepas dari gadget. Hal itu mendorong penetapan tujuan untuk meningkatkan awareness khalayak sasaran terhadap LPS. Media Twitter digunakan untuk penyebaran edukasi dan informasi mengenai fungsi dan tugas LPS. Pengukuran hasilnya dilihat dari peningkatan awareness dan pertumbuhan followers. Pelaksanaan strategi menggunakan pendekatan metode penyusunan pesan edukasi yang diturunkan menjadi tema mingguan dan bulanan, menggunakan jasa endorser dan PR Consultant, koordinasi dengan PR Consultant, dan meningkatan kredibilitas akun dalam upaya peningkatkan engagement rate. Kesimpulan: LPS belum menetapkan khalayak sasaran secara spesifik. LPS melaksanakan pendekatan metode pemilihan strategi dan metode penyusunan tema mingguan dan bulanan. Tolak ukur keberhasilan strategi kampanye dalam upaya meningkatkan awareness dilihat dari engagement rate. Saran: LPS mendefinisikan khalayak sasaran secara lebih detail, menambah materi tema keuangan di kehidupan sehari-hari, dan menentukan skala waktu lebih spesifik dalam menjalankan taktik.
Kata Kunci : Komunikasi, Strategi Kampanye, Public Relations, Twitter, Awareness
Jumlah Literatur : 26 buku, 8 dokumen perusahaan, 4 website
Pratiwi AshadiPutri - Personal Name
113106064 - Pratiwi AshadiPutri
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...