Pengaruh Unsur-Unsur Iklan Layanan masyarakat "Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit" Terhadap Sikap Mahasiswi
Abstrak
Latar Belakang: Tingginya prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang telah dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini serta mendapat pengobatan yang cepat dan tepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan rutin secara berkala sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker.Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” mempengaruhi sikap mahasiswi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi riset kuantitatif yang dilakukan untuk melihat pengaruh unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” terhadap sikap mahasiswi. Data penelitian didapatkan dengan pembagian kuisioner pada mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina angkatan 2014-2016 sebanyak 60. Setelah data dikumpulkan, kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows version 22 menggunakan Pearson‟s Correlations dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian: Hasil korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang sedang antara unsur-unsur iklan layanan masyarakat “sadari perika payudara sendiri hanya 7 menit” terhadap ikap mahasiswi yaitu sebesar 0.604. Sementara hasil regresi linear sederhana dengan nilai R Square sebesar 0.365, artinya unsur-unsur ILM mempunyai kontribusi sebesar 36.5% dalam melihat sikap mahasiswi. Kesimpulan: unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk perilaku anak muda sebesar 36.5% sedangkan sisanya sebesar 63.5% dipengaruhi faktor-faktor lainnya di luar dari konsep-konsep operasional penelitian ini.
Kata Kunci : Unsur-unsur iklan , Kanker Payudara, Sikap Mahasiswi
Jumlah Literatur : 27 Buku, 4 Situs
Latar Belakang: Tingginya prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang telah dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini serta mendapat pengobatan yang cepat dan tepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan rutin secara berkala sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker.Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” mempengaruhi sikap mahasiswi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi riset kuantitatif yang dilakukan untuk melihat pengaruh unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” terhadap sikap mahasiswi. Data penelitian didapatkan dengan pembagian kuisioner pada mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina angkatan 2014-2016 sebanyak 60. Setelah data dikumpulkan, kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows version 22 menggunakan Pearson‟s Correlations dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian: Hasil korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang sedang antara unsur-unsur iklan layanan masyarakat “sadari perika payudara sendiri hanya 7 menit” terhadap ikap mahasiswi yaitu sebesar 0.604. Sementara hasil regresi linear sederhana dengan nilai R Square sebesar 0.365, artinya unsur-unsur ILM mempunyai kontribusi sebesar 36.5% dalam melihat sikap mahasiswi. Kesimpulan: unsur-unsur Iklan Layanan Masyarakat “Sadari Periksa Payudara Sendiri Hanya 7 Menit” memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk perilaku anak muda sebesar 36.5% sedangkan sisanya sebesar 63.5% dipengaruhi faktor-faktor lainnya di luar dari konsep-konsep operasional penelitian ini.
Kata Kunci : Unsur-unsur iklan , Kanker Payudara, Sikap Mahasiswi
Jumlah Literatur : 27 Buku, 4 Situs
Mita Khaerani - Personal Name
113106061 - Mita Khaerani
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...