Pengaruh Daya Tarik Kegiatan Special Event Children’s Day terhadap Minat Pengunjung Event Gran Melia Jakarta
Tujuan Penelitian: Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan humas dalam meningkatkan daya tarik kegiatan special event Children’s Day; sejauhmana minat pengunjung terhadap event Gran Melia Jakarta; dan untuk mengetahui adakah pengaruh daya tarik kegiatan special event Children’s Day terhadap minat pengunjung terhadap events Gran Melia Jakarta selanjutnya. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Sedangkan metode penelitian melalui survei menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua murid dari beberapa sekolah yang siswa-siswinya menjadi peserta pada kegiatan special event Children’s Day. Jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian adalah sebanyak 50 responden dengan menggunkaan teknik Accidental Sampling. Kemudian, data yang dikumpulkan, dianalisa dan diinterpretasikan untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang diamati. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Coefficient Correlation Product Moment Pearson lalu dilanjutkan dengan pengujian hipotesis koefisien regresi linear sederhana. Hasil Penelitian: Sebanyak 50% responden menyatakan daya tarik kegiatan special event Children’s Day dinilai tinggi dan sebanyak 50% responden memiliki skor tingkatan sedang. Hal ini dilihat dari beberapa hasil perhitungan pada dimensi setiap indikator penentu sebuah daya tarik kegiatan special events, yakni waktu pelaksanaan, promosi event, konsep acara, lokasi dan event environment. Melalui uji analisa pada variabel Y, sebanyak 54% responden menyatakan bahwa minat pengunjung event Gran Melia Jakarta dinilai tinggi dan 46% responden memiliki skor tingkatan sedang. Hal ini dilihat dari beberapa hasil perhitungan pada dimensi setiap indikator penentu sebuah minat, yakni perhatian, tertarik, kemauan dan perbuatan. Hasil perhitungan Coefficient Correlation Product Moment Pearson menunjukkan bahwa sebesar 0,839 yang menunjukkan pengaruh positif antara variabel X (daya tarik kegiatan special event Children’s Day) terhadap pembentukkan variabel Y (minat pengunjung event Gran Melia Jakarta). Uji regresi dalam koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh “sangat nyata” terhadap variabel Y, yaitu sebesar 0,704. Dengan kata lain: Daya tarik kegiatan special event Children’s Day memiliki pengaruh dalam pembentukkan minat pengunjung event Gran Melia Jakarta.
Kata kunci: Marketing Public Relations, Gran Melia Jakarta, Special Events
Daftar Pustaka: 25 buku (2002-2011), 1 situs internet.
Kata kunci: Marketing Public Relations, Gran Melia Jakarta, Special Events
Daftar Pustaka: 25 buku (2002-2011), 1 situs internet.
Maharani Amalia Nafitri - Personal Name
112106062 - Maharani Amalia Nafitri
SKRIPSI IK
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...