Psikologi Pembelajaran
Dunia pendidikan tidak bisa lepas dari ilmu psikologi. Guru harus bisa memahami psikologi siswanya yang memiliki banyak perbedaan. Guru harus bisa mengetahui perkembangan kognitif anak didiknya, memotivas, dan mengatur siswanya. Ia juga harus bisa mengajarkan mata pelajaran dan mempunyai banyak cara untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam kelas.
Semua kompetensi tersebut membutuhkan ilmu tersendiri, yakni ilmu psikologi. Tanpa ilmu tersebut, sukar bagi guru untuk memahami kemajemuka perkembagan siswa, misalnya. Guru juga bakal kesulitan mengatur siswa dengan beragam karakter dan wataknya. Serta masih ada segudang problem lain yang tak mudah diselesaikan tanpa bantuan ilmu itu. Karenanya, psikologi pembelajaran memiliki peranan vital dalam kesuksesan guru menjalankan kegiatan pembelajaran.
Buku ini mengungkap fungsi psikologi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Di dalamnya diurakan aneka persoalan pembelajaran beserta solusinya dari perspektif psikologi. Dengan begitu, langkah guru membentuk anak didik yang sukses bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Tidak berlebihan kiranya kalau buku ini sebagai ‘buku wajib’ bagi siapapun yang concern terhadap psikologi aak didik dan kesuksesan mereka.
Semua kompetensi tersebut membutuhkan ilmu tersendiri, yakni ilmu psikologi. Tanpa ilmu tersebut, sukar bagi guru untuk memahami kemajemuka perkembagan siswa, misalnya. Guru juga bakal kesulitan mengatur siswa dengan beragam karakter dan wataknya. Serta masih ada segudang problem lain yang tak mudah diselesaikan tanpa bantuan ilmu itu. Karenanya, psikologi pembelajaran memiliki peranan vital dalam kesuksesan guru menjalankan kegiatan pembelajaran.
Buku ini mengungkap fungsi psikologi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Di dalamnya diurakan aneka persoalan pembelajaran beserta solusinya dari perspektif psikologi. Dengan begitu, langkah guru membentuk anak didik yang sukses bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Tidak berlebihan kiranya kalau buku ini sebagai ‘buku wajib’ bagi siapapun yang concern terhadap psikologi aak didik dan kesuksesan mereka.
Subini, Nini - Personal Name
370.15 SUB p
978-602-8231-69-5
370.15
Printed Book
Indonesia
Mentari Pustaka
2012
Yogyakarta
v + 202 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...