Indonesia Belajarlah: Membangun Pendidikan Indonesia
Buku ini dimaksudkan sebagai buku dasar Pengantar Ilmu Pendidikan, yang memuat pengkajian Ilmu Pendidikan secara lengkap.Pembaca tidak hanya diajak untuk mencermati masalah-masalah kontemporer yang berkembang dalam khasanah pendidikan di Tanah Air, tetapi juga berbagai landasan filosofi dalam Ilmu Pendidikan, yang mencakup pendekatan filsafat manusia, filsafat ilmu pengetahuan, filsafat etika-moral, dan konteksnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern.
Relevansi pendidikan dalam kehidupan empirik pun dikupas dalam bab tersendiri, berisi tinjauan seputar peran pendidikan dalam penguatan basis negara, masyarakat, agama, ekonomi, budaya, dan kelembagaan pendidikan.Dalam berbagai tinjauan ini, fenomena pendidikan akan menampakkan gambaran yang empirik, yang menunjukkan ada warna khusus yang selama ini membungkus fenomena pendidikan dengan kepentingan kekuatan tertentu dalam perkembangan sejarah pendidikan di Indonesia.
Akan disajikan pula beragam ideologi dan paradigma pendidikan, dengan menampilkan kupasan konsepsi paradigmatik dalam Ilmu Pendidikan dan paradigma pendidikan (konservatif, liberal, dan Radikal). Ada pula sejarah pendidikan Indonesia, yang dimulai dari zaman prakolonial, masa kolonial, zaman pergerakan, Orde Lama, Orde Baru, hingga masa sekarang yang dianggap sebagai reformasi.
Pada akhirnya buku ini juga menyajikan format pendidikan nasional di masa depan, yang terdiri atas silang kekuatan negara dan masyarakat. sejauhmana otonomi pendidikan dan relevansinya bagi masalah-masalah pendidikan yang timbul pada level mikro. Bagian ini ditutup dengan suatu konsep ideal tentang pendidikan multikultural yang menjadi tren di berbagai negara, dan relevan dikembangkan di Indonesia yang dimiliki beragam kultur.
Relevansi pendidikan dalam kehidupan empirik pun dikupas dalam bab tersendiri, berisi tinjauan seputar peran pendidikan dalam penguatan basis negara, masyarakat, agama, ekonomi, budaya, dan kelembagaan pendidikan.Dalam berbagai tinjauan ini, fenomena pendidikan akan menampakkan gambaran yang empirik, yang menunjukkan ada warna khusus yang selama ini membungkus fenomena pendidikan dengan kepentingan kekuatan tertentu dalam perkembangan sejarah pendidikan di Indonesia.
Akan disajikan pula beragam ideologi dan paradigma pendidikan, dengan menampilkan kupasan konsepsi paradigmatik dalam Ilmu Pendidikan dan paradigma pendidikan (konservatif, liberal, dan Radikal). Ada pula sejarah pendidikan Indonesia, yang dimulai dari zaman prakolonial, masa kolonial, zaman pergerakan, Orde Lama, Orde Baru, hingga masa sekarang yang dianggap sebagai reformasi.
Pada akhirnya buku ini juga menyajikan format pendidikan nasional di masa depan, yang terdiri atas silang kekuatan negara dan masyarakat. sejauhmana otonomi pendidikan dan relevansinya bagi masalah-masalah pendidikan yang timbul pada level mikro. Bagian ini ditutup dengan suatu konsep ideal tentang pendidikan multikultural yang menjadi tren di berbagai negara, dan relevan dikembangkan di Indonesia yang dimiliki beragam kultur.
Salim, Agus - Personal Name
370.9598 SAL i
979-3395-16-8
370.9598
Printed Book
Indonesia
Gerbang Madani Indonesia
2004
Semarang
xxiv + 428 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...