Korporasi dalam Politik Pemberitaan Media Analisis Pemberitaan Siaran Pers PT Medco Energi Internasional Tbk. di Media Kontan.co.id, Bisnis.com, dan Detik.com
Dalam menjalankan program komunikasi perusahaan (corporate communications) PT Medco Energi Internasional Tbk. melalui Divisi Media Relations-nya menerapkan konsep subsidi informasi dan memiliki kegiatan yang berhubungan langsung dengan media massa. Kegiatan yang dilakukan antara lain press conference, press interview, media visit, press gathering, workshop, hingga membuat dan mendistribusikan siaran pers. Tujuan penelitian untuk mengungkap atau menemukan pertanyaan, antara lain bagaimana PT Medco Energi Internasional Tbk. melakukan komunikasi terhadap media massa, merancang siaran pers, dan mendistribusikannya pada media. Penelitian juga ingin mengungkap bagaimana Kontan.co.id, Detik.com, dan Bisnis.com memperlakukan atau memberitakan siaran pers atau rilis dari PT Medco Energi Internasional Tbk. termasuk juga menemukan perbedaan sudut pandang pemberitaan antara Kontan.co.id, Detik.com, dan Bisnis.com bila menyangkut sebuah isu yang sama seputar PT Medco Energi Internasional Tbk. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis framing yang dikembangkan Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Terdapat empat struktur yang dijadikan unit penelitian dalam pemberitaan, antara lain Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris. Penelitian juga melibatkan aplikasi Word Cloud Generator untuk menghitung penggunaan kata kunci pada siaran pers maupun pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan, PT Medco Energi Internasional Tbk. melalui Tim Komunikasinya berhasil menerapkan konsep subsidi informasi secara efektif, sehingga mampu bersinergi dengan media dalam pemberitaan. Lima siaran pers PT Medco Energi Internasional Tbk. di Kontan.co.id, Bisnis.com, dan Detik.com diberitakan secara positif sesuai dengan framing yang dikembangkan perusahaan. Ketiga media online tersebut memanfaatkan dan menempatkan siaran pers dan narasumber dari pihak Medco sebagai satu-satunya sumber informasi yang dirilis.
Kata Kunci : Corporate Communication, Information Subsidies, Media Relations, Framing Media, Politik Pemberitaan, PT Medco Energi Internasional
Daftar Pustaka : 56 buku, 13 jurnal/ artikel
Kata Kunci : Corporate Communication, Information Subsidies, Media Relations, Framing Media, Politik Pemberitaan, PT Medco Energi Internasional
Daftar Pustaka : 56 buku, 13 jurnal/ artikel
Qusyaini - Personal Name
216121002 - Qusyaini
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2019
Jakarta
124 halaman + xiii halaman + 15 lampiran (9 Hal.)
LOADING LIST...
LOADING LIST...