Kerjasama USAID (United States Agency for Internasional Development) dan Pakistan dalam Reformasi Sektor Pendidikan di Pakistan Melalui Program Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) (2002-2007)
Pakistan merupakan negara di kawasan Asia Selatan yang mengalami berbagai permasalahan dalam sektor pendidikannya. Hal ini di buktikan dengan rendahnya tingkat partisipasi anak disekolah, rendahnya kemampuan membaca anak-anak dan orang dewasa di Pakistan, kurangnya motivasi dan kemampuan guru dalam memberikan materi pendidikan serta belum memadainya ketersediaan fasilitas dan infrastruktur penunjang pendidikan. Kementrian Pendidikan Pakistan telah mengeluarkan kebijakan Education Sector Reform (ESR) pada tahun 2001 sebagai sebuah upaya perbaikan sektor pendidikan di Pakistan. Dalam upaya reformasi sektor pendidikan, Kementrian Pendidikan Pakisan juga menjalin kerjasama dengan organisasi internasional yakni USAID. Bantuan USAID tersebutdiimplementasikan dalam bentuk kerjasama melalui program Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) pada tahun 2002-2007.
Dalam penelitian ini, penulis akan membahas mengenai permasalahan pendidikan yang ada di Pakistan, bentuk kerjasama USAID dan Pakistan dalam Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) tahun 2002-2007 dan hambatan-hambatan dibalik kerjasama tersebut. Hal ini penting untuk diteliti karena sektor pendidikan memegang peranan sentral dalam pembangunan suatu bangsa dan negara. Dalam mengkaji hal tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penulis menggunakan sumber data tertulis dari jurnal dan laporan resmi dalam mengkaji topik-topik terkait penelitian ini. Berdasarkan hasil pengumpulan data, dapat diketahui bahwa kerjasama USAID dan Pakistan dalam program Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) tahun 2002-2007 telah banyak memberikan manfaat dalam perbaikan sistem pendidikan di Pakistan dan kemajuan terhadap masyarakat Pakistan terutama dalam meningkatkan partisipasi anak di sekolah dasar serta menambah keaksaraan masyarakat Pakistan. Namun, dalam kerjasama tersebut terdapat beberapa hambatan seperti lemahnya sistem pengawasan dan evaluasi program ESRA.
Kata Kunci : USAID, Pakistan, Pendidikan, Kerjasama, Kementrian Pendidikan Pakistan
Daftar Pustaka : 10 Buku (1977-2010), 1 Skripsi (2008-2013), 15 Jurnal Online ( 1990-2013), 43
Dokumen/Laporan (2001-2014), 44 Website
Dalam penelitian ini, penulis akan membahas mengenai permasalahan pendidikan yang ada di Pakistan, bentuk kerjasama USAID dan Pakistan dalam Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) tahun 2002-2007 dan hambatan-hambatan dibalik kerjasama tersebut. Hal ini penting untuk diteliti karena sektor pendidikan memegang peranan sentral dalam pembangunan suatu bangsa dan negara. Dalam mengkaji hal tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penulis menggunakan sumber data tertulis dari jurnal dan laporan resmi dalam mengkaji topik-topik terkait penelitian ini. Berdasarkan hasil pengumpulan data, dapat diketahui bahwa kerjasama USAID dan Pakistan dalam program Pakistan Education Sector Reform Assistance (ESRA) tahun 2002-2007 telah banyak memberikan manfaat dalam perbaikan sistem pendidikan di Pakistan dan kemajuan terhadap masyarakat Pakistan terutama dalam meningkatkan partisipasi anak di sekolah dasar serta menambah keaksaraan masyarakat Pakistan. Namun, dalam kerjasama tersebut terdapat beberapa hambatan seperti lemahnya sistem pengawasan dan evaluasi program ESRA.
Kata Kunci : USAID, Pakistan, Pendidikan, Kerjasama, Kementrian Pendidikan Pakistan
Daftar Pustaka : 10 Buku (1977-2010), 1 Skripsi (2008-2013), 15 Jurnal Online ( 1990-2013), 43
Dokumen/Laporan (2001-2014), 44 Website
Amadea Raissa sumarni - Personal Name
211000200 - Amadea Raissa Sumarni
SKRIPSI HI
Skripsi HI
Indonesia
Universitas Paramadina
2015
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...