Analisis Isi Pesan Kampanye Politik Anies Baswedan sebagai Peserta Konvensi Partai Demokrat Melalui Akun Twitter @turuntangan dalam Mendapatkan Dukungan
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui sejauhmana isi pesan kampanye politik Anies Baswedan sebagai salah satu peserta konvensi Partai Demokrat melalui akun twitter @turuntangan dalam mendapatkan dukungan di masyarakat. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Hasil penelitian : terdapat delapan kategori dalam pembentukan pesan dan perilaku pemilih masing-masing unsur yang dikategorikan berjumlah: 312 tweets informasi (28,13%), 153 tweets persuasi (13,79%), 202 tweets dialog (18,21%), 40 tweets isu politik (3,60%), 66 tweets citra sosial (5,95%), 41 tweets kepribadian kandidat ((3,09%), 38 tweets tentang nilai epistemik (12,03%). Kesimpulan : berdasarkan dari kedelapan kategori unsur pembentukan pesan dan perilaku pemilih dalam periode tweet 18 Maret hingga 4 April 2014 unsur tweet yang paling banyak muncul adalah informasi dan nilai epistemik, kedua unsur tersebut sejalan dengan pemilihan periode yaitu 18 maret hingga 4 April yang bertepatan dengan diadakannya #MengadiliAnies, maka terbentuklah hubungan antara unsur informasi dan nilai epistemik yang tinggi.
Kata kunci : Komunikasi politik, pembentukan pesan, perilaku pemilih, twitter.
Daftar pustaka : 20 buku + 7 jurnal dan e-book + 14 sumber elektornik lainnya (website).
Kata kunci : Komunikasi politik, pembentukan pesan, perilaku pemilih, twitter.
Daftar pustaka : 20 buku + 7 jurnal dan e-book + 14 sumber elektornik lainnya (website).
Heksa Lintang Ratri - Personal Name
210000140 - Heksa Lintang Ratri
SKRIPSI IK
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...