Pengaruh Elemen Iklan Partai Gerindra Versi “Indonesia Bangkit” terhadap Keputusan Memilih (Survei pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina Angkatan 2012)
Latar Belakang : Maraknya iklan politik terkait dengan masa kampanye partai untuk pemilu legislatif 2014. Hampir semua partai-partai besar berlomba-lomba melakukan kampanye untuk mendapatkan simpati masyarakat. Kampanye yang dilakukan kebanyakan melalui media massa, baik media cetak maupun media elektronik seperti televisi. Kita juga mengetahui bahwa beriklan melalui media massa seperti televisi memiliki andil besar dalam mempromosikan kandidat atau partai-partai tententu. Hal ini juga yang membuat Partai Gerindra ikut serta berkampanye melalui iklan versi “Indonesia Bangkit” sebagai salah satu cara berpromosi demi mendapatkan respon dari pemilih pemula. Penelitian ini bermaksud mengetahui “Sejauh mana iklan Partai Gerindra versi “Indonesia Bangkit” dapat mempengaruhi keputusan memilih mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012”. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui sejauh mana elemen iklan Partai Gerindra versi “Indonesia Bangkit” dapat mempengaruhi keputusan memilih mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi riset kuantitatif yang dilakukan untuk melihat pengaruh elemen iklan Partai Gerindra versi “Indonesia Bangkit” terhadap keputusan memilih mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012. Data penelitian didapatkan dengan pembagian kuisioner pada mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012 sebanyak 71. Setelah data dikumpulkan, kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for Macbook version 22 menggunakan Pearson’s Correlations dan Regresi Linear Sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara elemen iklan Partai Gerindra versi “Indonesia Bangkit” terhadap keputusan memilih mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012. Hasil analisis Regresi Linear Sederhana menunjukkan angka 63% kontribusi elemen iklan Partai Gerindra terhadap keputusan memilih. Kesimpulan: Elemen iklan Partai Gerindra versi “Indonesia Bangkit memiliki hubungan yang kuat dan mempengaruhi keputusan memilih mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina angkatan 2012.
Kata Kunci: Elemen Iklan, Partai Gerindra, Respon Pemilih
Jumlah Literatur: 20 buku, 5 website, 2 media cetak
Kata Kunci: Elemen Iklan, Partai Gerindra, Respon Pemilih
Jumlah Literatur: 20 buku, 5 website, 2 media cetak
Putri Rosa Novianti - Personal Name
210000225 - Putri Rosa Novianti
SKRIPSI IK
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...